Perkuliahan Metodologi
Penelitian Pendidikan pada hari Selasa, 13 Oktober 2015 pukul 07.30 – 10.00 WIB
di ruang PPG 2 Laboratorium Matematika Universitas Negeri Yogyakarta bersama
Ibu Dr. Heri Retnowati kali ini membahas tentang Variabel Penelitian.
Variabel
Penelitian adalah apa saja yang menjadi fokus penelitian yang nialinya
berubah-rubah, digunakan untuk menjawab permasalahan dari penelitian.
Ø Contoh
di atas merupakan Model Persamaan Struktural/ SEM (Structural Equation
Modelling)
terdapat
dua variabel yaitu variabel observable dan variabel laten.
v Hubungan
antarvariabel akan membentuk linier yang akan memakai Regresi dan Korelasi
Contoh
C0 + C1X1
+ C2X2 + C3X3 = Y
v Contoh
lain
PjBL
|
Kooperatif
|
Menulis
μ1p
|
Menulis μ1k
|
MP μ2p
|
MP μ2k
|
KB
μ3p
|
KB
μ3k
|
- Variabel Penelitian itu penting karena akan mempengaruhi analisis dan analisis akan mempengaruhi penyimpulan yang nantinya akan menjadi jawaban dari permasalahan.Langkah-langkah dalam Penelitian ada tiga, yaitu :
1) Mendefinisikan
variabel
Ø Yang
dimaksud dengan mendefinisikan disini adalah batasan-batasan dalam variabel (apa
yang dimaksud dengan variabel tersebut, biasanya ditulis di BAB I).
Contohnya adalah PjBL, Motivasi.
2) Mengkaji
variabel (dengan pustaka yang relevan, hasil riset/penelitian yang relevan)
Ø Menguatkan
definisi (hal-hal yang terkait apa sehingga nantinya diperoleh indikator)
Ø Contohnya
adalah indikator Berpikir Kritis yaitu :
a
Menemukan
b
Menemukan cara baru yang lebih efisien
c
Menemukan jawaban
1) Menyusun
kisi-kisi Instrumen
Variabel
|
Indikator
|
Sumber
Data
|
Instrumen
|
HOTS
(Berfikir Tingkat Tinggi)
|
1 Novelty (Permasalahan
baru)
|
Siswa
|
Test, dapat
berupa :
a
Pilihan Ganda
b
Menjodohkan
c
Benar Salah
d
Uraian
|
2 Kontekstual
|
|||
3 Problem
Solving
|
|||
4 Divergen
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
|||
11
|
|||
Kemampuan
Berfikir Kritis
|
|
Siswa
|
Non-test (Angket) maka jika digunakan maka kurang valid
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar