Ada satu hal menarik yang pada
pertemuan kemarin sempat terlintas di dalam fikiran yaitu menganalisis sesuatu
yang berhubungan dengan pondok pesantren dan nantinya dikhususkan dengan
matematika. Berikut saya paparkan terlebih dahulu mengenai latar belakangnya.
1.
Latar Belakang : Analisis pengaruh lingkungan dan aktivitas di dalam
pondok pesantren terhadap motivasi dan prestasi matematika siswa
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
1. Sebagian
besar anak pondok pesantren mengantuk saat proses pembelajaran
|
·
Anak-anak pondok pesantren tidak
mengantuk saat proses pembelajaran
|
·
Mengidentifikasi pengaruh lingkungan dan
aktivitas anak-anak di dalam pondok pesantren terhadap motivasi dan prestasi
matematika siswa dengan teknik wawancara, angket, data-data terkait, catatan
lapangan dan lainnya
|
1. Kegiatan anak-anak
di pondok pesantren yang lumayan padat (kegiatan mengaji aau lainnya)
dibandingkan kegiatan anak-anak di kost ataupun asrama
|
·
Kegiatan anak-anak di pondok pesantren
yang lumayan padat (kegiatan mengaji atau lainnya) tidak mempengaruhi dalam
hal negative pada motivasi dan prestasi siswa
|
|
2. Lingkungan
pondok pesantren yang notabenenya banyak orang
|
3. Lingkungan pondok pesantren
yang notabenenya banyak orang tidak mempengaruhi dalam hal positif pada
motivasi dan prestasi siswa
|
|
3. Anggapan
sebagian orang yang mengatakan bahwa lingkungan dan kegiatan di dalam pondok
pesantren dapat membuat prestasi belajar siswa menurun
|
4. Mencoba menganalisis bahwa lingkungan
dan kegiatan di dalam pondok pesantren tidak membuat prestasi belajar siswa
menurun
|
Berkaitan dengan tugas
mengidentifikasi jenis-jenis penelitian sesuai dengan latar belakang yang telah
dibuat pada minggu kemarin ditambah dengan latar belakang yang saya buat di
atas. Berikut hasil analisis jenis-jenis penelitian dari latar belakang yang
telah dibuat.
Latar
Belakang
|
Jenis
|
Pendekatan
|
1.
Penggunaan metode pembelajaran
yang membuat anak ikut aktif dan berpartisipasi seperti teknik permainan
|
·
Deskriptif (mendeskripsikan
tentang penggunaan metode pembelajaran seperti teknik pembelajaran di dalam
kelas )
|
·
Kuantitatif
|
2.
Mengidentifikasi motivasi para
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran terutama pembelajaran matematika
|
·
Deskriptif (Mendeskripsikan
tentang bagaimana motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran
Matematika)
|
·
Kualitatif (Lebih banyak
menggunakan pengamatan, catatan lapangan, wawancara sebagai hasil dari
penelitian)
|
3.
Pengembangan media pembelajaran
seperti CD pembelajaran atau LKS
|
·
Pengembangan R & D (Mencoba
membuat CD pembelajaran atau LKS terkait dengan salah satu bab Matematika
yang diajarkan)
|
·
Kuantitatif
|
4.
Mengidentifikasi pengaruh lingkungan dan
aktivitas anak-anak di dalam pondok pesantren terhadap motivasi dan prestasi
matematika siswa dengan teknik wawancara, angket, data-data terkait, catatan
lapangan dan lainnya
|
·
Deskriptif (Mendeskripsikan
tentang bagaimana pengaruh lingkungan dak aktivitas anak-anak di dalam pondok
pesantren terhadap motivasi dan prestasi matematika siswa)
|
·
Kualitatif (Lebih banyak
menggunakan pengamatan, catatan lapangan, wawancara sebagai hasil dari
penelitian)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar