Minggu, 04 Oktober 2015

Tugas Identifikasi Jenis-jenis Penelitian dan Pendekatannya



     Ada satu hal menarik yang pada pertemuan kemarin sempat terlintas di dalam fikiran yaitu menganalisis sesuatu yang berhubungan dengan pondok pesantren dan nantinya dikhususkan dengan matematika. Berikut saya paparkan terlebih dahulu mengenai latar belakangnya.
1.      Latar Belakang  : Analisis pengaruh lingkungan dan aktivitas di dalam pondok pesantren terhadap motivasi    dan prestasi matematika siswa
Kenyataan
Harapan
Solusi
1.      Sebagian besar anak pondok pesantren mengantuk saat proses pembelajaran
·         Anak-anak pondok pesantren tidak mengantuk saat proses pembelajaran
·         Mengidentifikasi pengaruh lingkungan dan aktivitas anak-anak di dalam pondok pesantren terhadap motivasi dan prestasi matematika siswa dengan teknik wawancara, angket, data-data terkait, catatan lapangan dan lainnya 
1.      Kegiatan anak-anak di pondok pesantren yang lumayan padat (kegiatan mengaji aau lainnya) dibandingkan kegiatan anak-anak di kost ataupun asrama
·         Kegiatan anak-anak di pondok pesantren yang lumayan padat (kegiatan mengaji atau lainnya) tidak mempengaruhi dalam hal negative pada motivasi dan prestasi siswa
2.      Lingkungan pondok pesantren yang notabenenya banyak orang
3. Lingkungan pondok pesantren yang notabenenya banyak orang tidak mempengaruhi dalam hal positif pada motivasi dan prestasi siswa
3.      Anggapan sebagian orang yang mengatakan bahwa lingkungan dan kegiatan di dalam pondok pesantren dapat membuat prestasi belajar siswa menurun
4.     Mencoba menganalisis bahwa lingkungan dan kegiatan di dalam pondok pesantren tidak membuat prestasi belajar siswa menurun

            Berkaitan dengan tugas mengidentifikasi jenis-jenis penelitian sesuai dengan latar belakang yang telah dibuat pada minggu kemarin ditambah dengan latar belakang yang saya buat di atas. Berikut hasil analisis jenis-jenis penelitian dari latar belakang yang telah dibuat.

Latar Belakang
Jenis
Pendekatan
1.      Penggunaan metode pembelajaran yang membuat anak ikut aktif dan berpartisipasi seperti teknik permainan
·         Deskriptif (mendeskripsikan tentang penggunaan metode pembelajaran seperti teknik pembelajaran di dalam kelas )
·         Kuantitatif
2.      Mengidentifikasi motivasi para siswa dalam mengikuti proses pembelajaran terutama pembelajaran matematika
·         Deskriptif (Mendeskripsikan tentang bagaimana motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Matematika)
·         Kualitatif (Lebih banyak menggunakan pengamatan, catatan lapangan, wawancara sebagai hasil dari penelitian)
3.      Pengembangan media pembelajaran seperti CD pembelajaran atau LKS
·         Pengembangan R & D (Mencoba membuat CD pembelajaran atau LKS terkait dengan salah satu bab Matematika yang diajarkan)
·         Kuantitatif
4.      Mengidentifikasi pengaruh lingkungan dan aktivitas anak-anak di dalam pondok pesantren terhadap motivasi dan prestasi matematika siswa dengan teknik wawancara, angket, data-data terkait, catatan lapangan dan lainnya 
·         Deskriptif (Mendeskripsikan tentang bagaimana pengaruh lingkungan dak aktivitas anak-anak di dalam pondok pesantren terhadap motivasi dan prestasi matematika siswa)
·         Kualitatif (Lebih banyak menggunakan pengamatan, catatan lapangan, wawancara sebagai hasil dari penelitian)



         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar