Senin, 30 November 2015

Teknik Analisis Data Kualitatif

        Refleksi Perkuliahan Metodologe Penelitian Pendidikan hari Selasa, 1 Desember 2015 pukul 07.30 – 10.00 WIB di ruang PPG 2 Laboratorium Matematika Universitas Negeri Yogyakarta bersama Ibu Dr. Heri Ratnawati.
·         Berbagai macam teknik analisis data Kualitatif
1)      Setting Alamiah/ Wajar (observasi tidak hanya sekali biar tidak hanya kelihatan yang bagus saja)
2)      Peneliti sebagai instrument utama
3)      Pendekatan kualitatif bersifat deskriptif
4)      Pendekatan kualitatif lebih mementingkan proses daripada hasil
5)      Analisis data secara induktif (dari fenomena yang ada dijadikan satu kemudian akan muncul teori)
6)      Makna adalah esensial dalam penelitian kualitatif (makna dibalik data, makna sebenarnya)
7)      Laporan bernada studi kasus
8)      Interpretasi
·         3 Kegiatan untuk Memasuki Lapangan Penelitian
1)    Memasuki organisasi
2)    Menemui public
3)    Menemui pribadi
·         Data-data dalam penelitian kualitatif
1)      Kata-kata
2)      Foto
3)      Data statistik dan kuantitatif
4)      Data tertulis
·         Teknik Pemilihan Sampel
1)      Accidental Sampling
2)      Purposive Sampling (memilih responden)
3)      Quota Sampling (ditentukan jumlahnya)
4)      Snow-ball Sampling (diawali dari kecil ke besar kemudian nanti sampai batas)
·         Metode Pengumpulan Data
1)      Pengamatan Berperan Serta (peneliti ikut melakukan pengamatan sendiri)
2)      Wawancara Mendalam “indepth interview” (secara berulang-ulang)
·         Analisis Data
1)      Reduksi Data
2)      Penyajian
3)      Verifikasi
4)      Penarikan Kesimpulan
·         Milles dan Huberman (Reduksi, Display, Verifikasi/Penyimpulan)
·         Bogdan dan Bliken (Display, Sub-Theme, Hub-Inter-Sub-Theme, Verifikasi/Penyimpulan).

2 komentar:

  1. Kenapa dibutuhkan reduksi dalam analisis data?

    BalasHapus
  2. Menurut sepemahaman saya, reduksi artinya pemilihan. Yang dimaksud reduksi dalam pemilihan data ini adalah pemilihan hasil-hasil atau data-data dari penelitian yang dilakukan yang benar-benar dibutuhkan. Data-data yang tidak dibutuhkan atau tidak berpengaruh dengan analisis data bisa dibuang agar peneliti tidak merasa kebingungan jika kebanyakan data.

    BalasHapus