Rabu, 23 September 2015

Merumuskan Masalah-Masalah Penelitian



            Pada pertemuan ketiga perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan dengan ibu Dr. Heri Retnowati hari Selasa, 22 September 2015 pukul 07.30 – 10.00 WIB di Ruang PPG 1 Laboratorium Matematika UNY, kami belajar tentang merumuskan masalah-masalah penelitian. Sebelum lebih jauh membahas tentang perumusan masalah-masalah penelitian yang ada terutama yang terkait dengan pembelajaran Matematika, hal yang dibahas mengenai pengertian dari masalah itu sendiri. Masalah adalah kesenjangan antara kenyataan dan harapan. Jadi berbicara mengenai masalah, berarti berbicara tentang kenyataan dan harapan yang nantinya akan berujung pada solusi yang digunakan. Berikut ada dua contoh yang diberikan oleh Ibu Heri terkait dengan perumusan masalah-masalah penelitian.
1)      Latar Belakang
·         Peningkatan kualitas guru (diambil dari penelitian beliau yang mengidentifikasi tentang kesulitan guru dalam penyelesaian masalah soal matematika, penelitian menggunakan instrument soal uraian dan pilihan ganda)
Ada 4 aspek yang diukur :
a         Memahami masalah
b        Menyusun rencana penyelesaian masalah
c         Eksekusi rencana penyelesaian masalah
d        Memaknai hasil
Kenyataan
Harapan
Solusi
·         Hasil riset yang menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyelesaikan masalah matematika kurang
·         Kemampuan guru yang baik dalam menyelesaikan masalah matematika
Pengembangan Model Pelatihan (masih bingung dengan bentuk pelatihan yang seperti apa)
·         Kompetensi professional guru kurang
·         Kompetensi professional guru yang baik
·         Hasil wawancara 20 guru matematika, 12 orang mengopi RPP
·         Kemampuan guru dala membuat  RPP dengan baik di setiap akan mengajar matematika
·         Observasi : RPP vs pelaksana tidak cocok
·         Penerapan proses pembelajaran matematika sesuai dengan RPP yang dibuat
·         Prestasi belum memuaskan
·         Prestasi yang memuaskan
·         Belum ada pelatihan
·         Adanya pelatihan-pelatihan untuk guru

2)      Latar Belakang
·         Mengembangkan Bank soal Matematika (selama yang yang difahami oleh bapak/ibu guru bank soal adalah kumpulan-kumpulan soal padahal sebenarnya bank soal adalah sistem dimana di dalamnya terdapat transfer, menerima, mengambil, membuat soal-soal matematika)
Kenyataan
Harapan
Solusi
·         Bapak/Ibu guru sering meniru sumber soal
·         Bapak/Ibu guru lebih kreatif dalam membuat soal
·         Mengembangkan Bank Soal
·         Kompetensi kurang
·         Kompetensi semakin meningkat
·         Keterampilan kurang
·         Lebih terampil
·         Pemahaman mengenai bank hanya kumpulan soal bukan sistem
·         Ada MGMP
·         Masih samar perlukah bank soal
·         Masih bertanya-tanya tentang kemanfaatan dari bank soal
·         Dipertanyakan kualitasnya (karena banyak soal UAS yang mirip)
·         Menghasilkan kualitas yang lebih tinggi

3)      Latar Belakang
·         Pengembangan perangkat pembelajaran (pembelajaran ekspositori yang dilakukan oleh guru)
Kenyataan
Harapan
Solusi
·         Belum adanya RPP
·         Adanya RPP, LKS, instrument evaluasi
·         Mengembangkan Perangkat Pembelajaran
·         Belum adanya LKS
·         Belum adanya Instrumen evaluasi

            Selain belajar tentang materi di atas, kita juga belajar tentang macam-macam pembelajaran yang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu :
1)      Knowing          : Mengetahui
2)      Applying          : Menerapkan
3)      Reasoning
    Adanya metode HOTS (Higher Other Thinking Skills) atau metode berpikir tingkat tinggi. Tetapi metode ini belum diajarkan karena banyak guru yang belum tahu seperti apa soal-soal berpikir tingkat tinggi itu, cara penilaian juga seperti apa.
   Terdapat pertanyaan mengenai pembelajaran yang berhasil itu seperti apa. Kata kunci dari pembelajaran itu berhasil atau tidak adalah guru harus pandai-pandai membuat pra produk (gabungan-gabungan materi) yang mudah difahami oleh siswa. Selain itu ada satu kata kunci penting yang disampaikan oleh Ibu Heri :    ” Setiap ada permasalahan yang ingin diangkat, harus ditulis terlebih dahulu kenyataan dan harapannya kemudian nanti akan didapat solusi.” Selanjutnya ditutup dengan tugas yang menanti kita…^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar