Permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan dapat bermacam-macam penyebabnya. Salah satu penyebabnya akan di bahas di dalam tulisan ini yaitu permasalahan-permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan berdasarkan sumbernya. Berikut kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari diskusi kelompok pada pertemuan perdana perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan pada hari Selasa, 8 September 2015
- Guru
- Kurikulum yang diberlakukan pemerintah (bahan ajar, pembelajaran, penilaian kurikulum)
- Kepribadian (kompetensi) guru dalam pembelajaran termasuk penguasaan materi
- Pemilihan pendekatan/metode pembelajaran yang kurang tepat
- Adanya sertifikasi guru apakah meningkatkan kerja
- Ekonomi guru, mengajar bukan karena panggilan hati nurani, namun untuk memenuhi ekonomi
- Guru sulit mengubah sudut pandang siswa bahwa matematika menyenangkan
- Guru mengejar target materi tanpa memperhatikan pemahaman konsep
- RPP dianggap merepotkan
- Membangkitkan minat & motivasi siswa
- Menyusun media pembelajaran
- Kurangnya pelatihan kompetensi guru
- Manajemen waktu pembelajaran
- Kegiatan non akademik yang mempengaruhi waktu efektif pembelajaran
- Motivasi guru dalam melaksanakan pembelajaran kurang
- Siswa
- Minat siswa kurang
- Ketertarikan siswa terhadap guru
- Pembelajaran guru dianggap monoton
- Matematika dianggap sulit
- Siswa belum memaham materi prasyarat, sehingga kesulitan untuk materi selanjutnya
- Pemahaman buku yang kurang, materi terlalu abstrak
- Penerapan waktu 5 hari kerja membuat siswa kurang konsentrasi
- Kemampuan siswa yang variatif
- Fasilitas yang dimiliki siswa
- Jadwal belajar (khususnya MIPA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar