Pertemuan kedua mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan pada hari Selasa, 15 September 2015 bersama ibu Dr. Heri Retnowati masih melanjutkan membahas mengenai masalah-masalah penelitian pendidikan ditinjau dari sumbernya. Adapun kelanjutannya adalah sebagai berikut :
- Tambahan untuk siswa
- Perjuangan kurang, rasa malas, kurang tertarik, daya ingat
- Kecemasan ketika ujian. Sifat grogi terkadang memang membuyarkan konsentrasi siswa.
- Siswa merasa minder (ortu, lingkungan)
- Kepala sekolah
- Kepala sekolah kurang memonitor, jadwal padat
- Kurangnya kemampuan bersosialisasi (yayasan)
- Pengetahuan IT
- Rekrut kepsek (kedekatan emosi)
- Kurangnya pelatihan
- Niat kepsek karena ekonomi dan status sosial
- Pengelolaan dana kurang optimal
- Manajemen kurang
- Dinas Pendidikan
- Pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak merata
- Kurang monitoring, hanya melaksanakan tugas (formalitas)
- Pemerataan dana pendidikan
- Dana pemerintah tidak 100% diterima, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan pelaksanaan
- Pelayanan administrasi
- Pelatihan kurang efektif baik tempat maupun waktu
- Pengawas sekolah/guru kurang rutin
- Orang tua
- Biaya pendidikan.
- Fasilitas.
- Wawasan ortu.
- Tuntutan
- Komunikasi
- Sibuk
- Keteladanan
- Pola asuh
- Kurang peka terhadap kebutuhan anak
- Lingkungan
- Kurangnya sarana dan prasarana
- Suasana akademis
- Matematika
- Konteks soal tidak sesuai dengan yang dihadapi siswa
- Implikasi/penerapan materi-materi matematika dalam kehidupan nyata terkadang tidak difahami oleh siswa
- Materi di Indonesia terlalu banyak
- Materi padat, menghafal
- Matematika simbolik
- Konsep belum diketahui manfaatnya
- Tingkat kesulitan soal
- Pembelajaran
- Langsung
- Apersepsi
- Pembelajaran belum didukung perangkat (RPP, buku ajar, LKS/modul,penilaian)
- Pembelajaran yang ada sudah dievaluasi?
Dari berbagai permasalahn yang ada tersebut ada beberapa judul tesis yang dihasilkan yang nantinya dapat menjadi referensi diantaranya:
- Evaluasi Kurikulum Pembelajaran
- Potret Kompetensi Guru Matematika
- Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi
- Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Berbasis.....
- Perbandingan... dan.... ditinjau dari...
- Dan masih banyak lagi
NB : Tulisan yang berwarna merah menunjukkan bahwa tidak semua sumber melakukan itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar