Rabu, 16 September 2015

Masalah-Masalah Penelitian Pendidikan Lanjutan

Pertemuan kedua mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan pada hari Selasa, 15 September 2015 bersama ibu Dr. Heri Retnowati masih melanjutkan membahas mengenai masalah-masalah penelitian pendidikan ditinjau dari sumbernya. Adapun kelanjutannya adalah sebagai berikut :
  • Tambahan untuk siswa
    1. Perjuangan kurang, rasa malas, kurang tertarik, daya ingat
    2. Kecemasan ketika ujian. Sifat grogi terkadang memang membuyarkan konsentrasi siswa.
    3. Siswa merasa minder (ortu, lingkungan)
  • Kepala sekolah
    1. Kepala sekolah kurang memonitor, jadwal padat
    2. Kurangnya kemampuan bersosialisasi (yayasan)
    3. Pengetahuan IT
    4. Rekrut kepsek (kedekatan emosi)
    5. Kurangnya pelatihan
    6. Niat kepsek karena ekonomi dan status sosial
    7. Pengelolaan dana kurang optimal
    8. Manajemen kurang
  • Dinas Pendidikan
    1. Pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak merata
    2. Kurang monitoring, hanya melaksanakan tugas (formalitas)
    3. Pemerataan dana pendidikan
    4. Dana pemerintah tidak 100% diterima, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan pelaksanaan
    5. Pelayanan administrasi
    6. Pelatihan kurang efektif baik tempat maupun waktu
    7. Pengawas sekolah/guru kurang rutin
  • Orang tua
    1. Biaya pendidikan.
    2. Fasilitas.
    3. Wawasan ortu.
    4. Tuntutan
    5. Komunikasi
    6. Sibuk
    7. Keteladanan
    8. Pola asuh
    9. Kurang peka terhadap kebutuhan anak
  • Lingkungan
    1. Kurangnya sarana dan prasarana
    2. Suasana akademis
  • Matematika
    1. Konteks soal tidak sesuai dengan yang dihadapi siswa
    2. Implikasi/penerapan materi-materi matematika dalam kehidupan nyata terkadang tidak difahami oleh siswa
    3. Materi di Indonesia terlalu banyak
    4. Materi padat, menghafal
    5. Matematika simbolik
    6. Konsep belum diketahui manfaatnya
    7. Tingkat kesulitan soal
  • Pembelajaran
    1. Langsung
    2. Apersepsi
    3. Pembelajaran belum didukung perangkat (RPP, buku ajar, LKS/modul,penilaian)
    4. Pembelajaran yang ada sudah dievaluasi?
Dari berbagai permasalahn yang ada tersebut ada beberapa judul tesis yang dihasilkan yang nantinya dapat menjadi referensi diantaranya:
  • Evaluasi Kurikulum Pembelajaran
  • Potret Kompetensi Guru Matematika
  • Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Prestasi
  • Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Berbasis.....
  • Perbandingan... dan.... ditinjau dari...
  • Dan masih banyak lagi

NB : Tulisan yang berwarna merah menunjukkan bahwa tidak semua sumber melakukan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar