Senin, 21 Desember 2015

Penelitian Mandiri

Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan
Pada Hari Selasa, 15 Desember 2015
Pukul 07.30 – 10.00 WIB
Di Ruang PPG 2 Laboratorium Matematika
Universitas Negeri Yogyakarta
Bersama Ibu Heri Retnawati

Bagian-bagian dalam Penelitian Mandiri
1)      Data yang membiayai
2)      Abstrak
3)      Pendahuluan
a)      Latar Belakang (Kenyataan dan Harapan)
b)      Tujuan Penelitian
c)       Rumusan Masalah
d)      Manfaat Penelitian

4)      Studi Pustaka
5)      Metode Penelitian
6)      Organisasi Tim Peneliti (jika yang melakukan penelitian adalah grup)
7)      Rencana Anggaran (Honor tidak boleh dicantumkan)
8)      Daftar Pustaka
Misalnya :
a)      Jika ada 12 penulis (yang ditulis adalah nama pertama dan nama terakhir)
b)      Penulisan dengan tanda & maka ditulis di dalam kurung. Contohnya : (Ahmad & Imam)
c)       Penulisan dengan tanda hubung and tidak ada kurungnya. Contohnya : Ahmad and Imam
d)      Jika buku tidak memiliki tahun, maka ditulis (n.d) artinya no date, di dalam Bahasa Indonesia artinya tanpa tahun.
       Berlanjut pada penjelasan tentang penelitian tentang analisis, entah analisis perangkat, media ataupun RPP maka dilakukan dulu  langkah analisisnya (misal dengan pendekatan P kemudan ditulis sintaks-sintaksnya) sehingga nanti akan menghasilkan produk baru kemudian diujicobakan. Melanjutkan kembali presentasi review jurnal. Untuk pertemuan kali ini ada 3 kelompok yang mempresentasikannya.
1.       Kelompok 2 (Riset Pengembangan)
Menceritakan jurnal tentang penggunaan analisis semiotic untuk mengidentifikasi hasil pekerjaan para siswa. Para siswa diberikan soal , kemudian dari jawaban para siswa tersebut dideskripsikan sehingga nantinya akan menghasilkan kesimpulan mengenai kemampuan masing para siswa.
2.       Kelompok 3 (Riset Eksperimen)
Menceritakan tentang jurnal yang berisi tentang pembelajaran kooperatif untuk kemampuan pemecahan masalah yang subjek penelitiannya adalah anak prasekolah.
3.       Kelompok 4 (Riset Evaluasi)
Menceritakan jurnal yang berisi tentang Evaluasi Learning Trajectory (Lintasan Belajar) u untuk materi pengukuran pada tahun awal (pemula atau usia dini).  Penelitian ini dilakukan di Amerika Serikat yang notabenenya materi pengukuran tidak diajarkan dengan baik padahal pengukuran merupakan hal yang penting untuk mempelajari materi Matematika lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar