Kuliah Metodologi Penelitian
Pendidikan
Pada Hari Selasa, 15 Desember 2015
Pukul 07.30 – 10.00 WIB
Di Ruang PPG 2 Laboratorium
Matematika
Universitas Negeri Yogyakarta
Bersama Ibu Heri Retnawati
Bagian-bagian dalam Penelitian
Mandiri
1) Data
yang membiayai
2) Abstrak
3) Pendahuluan
a) Latar
Belakang (Kenyataan dan Harapan)
b) Tujuan
Penelitian
c) Rumusan
Masalah
d) Manfaat
Penelitian
4) Studi
Pustaka
5) Metode
Penelitian
6) Organisasi
Tim Peneliti (jika yang melakukan penelitian adalah grup)
7) Rencana
Anggaran (Honor tidak boleh dicantumkan)
8) Daftar
Pustaka
Misalnya :
a) Jika
ada 12 penulis (yang ditulis adalah nama pertama dan nama terakhir)
b) Penulisan
dengan tanda & maka ditulis di dalam kurung. Contohnya : (Ahmad & Imam)
c) Penulisan
dengan tanda hubung and tidak ada kurungnya. Contohnya : Ahmad and Imam
d) Jika
buku tidak memiliki tahun, maka ditulis (n.d) artinya no date, di dalam Bahasa
Indonesia artinya tanpa tahun.
Berlanjut pada penjelasan
tentang penelitian tentang analisis, entah analisis perangkat, media ataupun
RPP maka dilakukan dulu langkah
analisisnya (misal dengan pendekatan P kemudan ditulis sintaks-sintaksnya)
sehingga nanti akan menghasilkan produk baru kemudian diujicobakan. Melanjutkan
kembali presentasi review jurnal. Untuk pertemuan kali ini ada 3 kelompok yang
mempresentasikannya.
1. Kelompok
2 (Riset Pengembangan)
Menceritakan jurnal tentang penggunaan analisis semiotic untuk
mengidentifikasi hasil pekerjaan para siswa. Para siswa diberikan soal ,
kemudian dari jawaban para siswa tersebut dideskripsikan sehingga nantinya akan
menghasilkan kesimpulan mengenai kemampuan masing para siswa.
2. Kelompok
3 (Riset Eksperimen)
Menceritakan tentang jurnal yang berisi tentang pembelajaran kooperatif
untuk kemampuan pemecahan masalah yang subjek penelitiannya adalah anak
prasekolah.
3. Kelompok
4 (Riset Evaluasi)
Menceritakan jurnal yang berisi tentang Evaluasi Learning
Trajectory (Lintasan Belajar) u untuk materi pengukuran pada tahun awal (pemula
atau usia dini). Penelitian ini
dilakukan di Amerika Serikat yang notabenenya materi pengukuran tidak diajarkan
dengan baik padahal pengukuran merupakan hal yang penting untuk mempelajari
materi Matematika lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar